Mengisi Token Listrik dengan Benar

Sudah menjadi hal wajar jika PLN memberikan layanan terbaiknya kepada para pelanggan. Sebagai perusahaan penyalur listrik yang ditunjuk oleh negara, PLN menyediakan layanan listrik yang berbeda. Di dalam memberikan layanan listrik, PLN menyediakan dua jenis layanan listrik yakni layanan listrik pascabayar dan prabayar. Layanan listrik prabayar sendiri menjadi layanan listrik terbaru yang ditawarkan oleh PLN. Dalam mendapatkan listrik prabayar, token atau voucher listrik memiliki kaitan yang amat erat dengan layanan listrik ini. Token menjadi satuan pembayaran layanan listrik prabayar guna mengisi ulang akan daya listrik dari pihak PLN. Pada token, kita nantinya akan dihadapkan oleh 20 digit angkat. Angka-angka tersebut digunakan untuk mengisi token listrik melalui MPB atau meteran prabayar.

Mengisi Token Listrik dengan BenarMengisi token listrik menuju alat meteran parbayar dapat dilakukan dengan cara mudah. Selama melakukan pengisian dengan benar, besar daya listrik yang akan terisi dapat kita gunakan nantinya. Untuk melakukan pengisian token listrik dengan baik dan benar, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Belilah token atau voucher berdasarkan dengan kebutuhan. Voucher yang telah dibeli nantinya berisikan 20 digit angka. Angka tersebut akan kita gunakan selama melakukan pengisian daya listrik melalui meteran.
  2. Lengkapi 20 digit angka ke dalam meteran dan dilanjutkan dengan menekan tombol “enter”.
  3. Jika kita melakukan kesalahan ketika memasukkan 20 digit angka, kita dapat menghapusnya dengan memanfaatkan tombol “backspace”.
  4. Apabila ke-20 digit angka telah dimasukkan dengan benar, meteran akan menampilkan tulisan “benar” atau “accept”. Daya listrik nantinya akan muncul pada layar meteran.
  5. Ketika layar meteran muncul tulisan “gagal” atau “reject”, angka yang kita masukkan mengalami kesalahan. Kita harus memasukan 20 digit dengan seksama agar tidak menemui kegagalan.

Layanan listrik prabayar memiliki beberapa kelebihan yang perlu untuk kita ketahui. Karena layanan listrik prabayar memanfaatkan token atau voucher listrik, kita dapat mengontrol seberapa besar penggunaan listrik untuk setiap harinya. Mengisi token listrik dapat kita sesuaikan dengan besar anggaran yang ada. Keberadaan 20 digit angka menjamin keamanan sistem. Angka-angka yang tertera pada token hanya dapat digunakan pada meteran yang kita miliki. Jika kita memiliki usaha sewa kamar dan kontrakan, listrik prabayar menjadi pilihan layanan yang tepat untuk kita pilih. Selain memiliki kelebihan, layanan listrik prabayar juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan dari layanan listrik prabayar terdiri dari:

  1. Pulsa listrik dapat habis pada waktu-waktu yang tak terduga.
  2. Jika pulsa listrik habis, arus listrik pada peralatan elektronik tidak dapat terhubung sama sekali.
  3. Pada saat pembelian voucher sering terjadi kesalahan akibat jaringan internet yang terganggu.
  4. Meteran listrik yang mudah rusak.
READ  Cek Tagihan Listrik Wilayah Makassar dan Trik Penting Lainnya